» » Wanda Metropolitano, Stadion Baru Atletico Madrid

Wanda Metropolitano, Stadion Baru Atletico Madrid

Penulis By on Saturday, December 10, 2016 | No comments

 Wanda Metropolitano, Stadion Baru Atletico Madrid



Wanda Metropolitano
 Salah satu klub sepakbola Spanyol yang sedang naik daun, Atletico Madrid akhirnya mengumumkan nama stadion baru yang akan mereka pakai sebagai markas mulai musim depan. Stadion tersebut dinamai Wanda Metropolitano yang berkapasitas 70.000 penonton yang akan digunakan mulai musim kompetisi 2016-2017.

Bagi fans fanatik Rojiblancos, pasti paham jika Atletico Madrid sebelumnya pernah menggunakan stadion itu. Dan memang pada rentang waktu 1923-1966 stadion tersebut merupakan kandang Atletico Madrid dimana saat itu bernama Estadio Metropolitano de Madrid atau biasa disebut dengan nama La Peineta. Stadion tersebut menjadi saksi sejarah Atletico sampai dengan perpindahan mereka ke Vicente Calderon hingga saat ini. Selama ini, Estadio Metropolitano de Madrid difungsikan sebagai stadion atletik yang sebenarnya juga cukup melegenda. 

Nama Wanda Metropolitano sebenarnya merupakan kombinasi antara nama  sponsor dan sejarah klub. Dalian Wanda Group adalah salah satu investor Atletico dan memiliki 20 persen saham klub tersebut. Dalian Wanda Group, investor dari China, kabarnya membayar sekitar 10 juta euro (sekitar Rp 140 miliar) per tahun untuk mendapatkan hak penamaan stadion Atletico. Sementara itu, Metropolitano merupakan nama lama stadion ini yang banyak menyimpan sejarah perkembangan klub. Banyak kenangan yang dialami bersama antara  Atletico Madrid dan Estadio Metropolitano de Madrid, sehingga nama stadion tersebut masih membekas hingga sekarang.
Wanda Metropolitano
Wanda Metropolitano

Bukan berarti tidak mengundang kontroversial, penamaan nama stadion mengikuti nama sponsor ternyata banyak mengundang reaksi negatif dari para fans. Hal itu terjadi karena memang penamaan stadion menggunakan nama sponsor bukanlah hal yang lazim di negara Spanyol. Berbeda dengan di negara Eropa lainnya seperti Jerman dan inggris yang memiiliki sederetan stadion dengan nama sponsor seperti Allianz Arena, Imtech Arena, Signal Iduna Park, atau Bay Arena.

Adalah strategi Atletico dengan memakai  stadion baru yang berkapasitas lebih besar, untuk menarik jumlah penggemar yang lebih banyak lagi. Hal ini juga menunjukkan keseriuasan ATM untuk menjadi pesaing utama Barcelona dan Real Madrid, dua tim yang tidak hanya memiliki basis massa luar biasa, tetapi juga punya stadion dengan kapasitas di atas 80.000 penonton

Apabila dirunut ke belakang, renovasi stadion baru ini sempat mundur bertahun-tahun, hingga akhirnya berjalan lagi karena adanya kucuran dana dari perusahaan konglomerat China, Wanda Group. 

Selain menggunakan stadion baru, Atletico juga akan memakai lambang klub yang baru yang merupakan lambang ke-12 dalam 113 tahun sejarah klub itu mulai musim depan. Semoga saja dengan logo, stadion dan tentu saja spirit serta semangan baru bisa mendongkrak prestasi hingnga bisa melampaui atau menyamai dua klub raksasa lainnya di Spanyol yaitu Real Madrid dan Barcelona.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya